Silahkan Tunggu

Mikropenis Pada Anak

May 7, 2019 by administrator0
59885057_2227964337272794_3653785432405049344_n.jpg

Banyak orangtua yang berkecil hati saat memperhatikan perkembangan alat kelamin putranya tidak seperti yang mereka harapkan, terutama jika sang anak cukup gemuk. Jangan khawatir, sebenarnya tidak semua anak dengan ukuran penis kecil dikatakan mikropenis. Dengan pemeriksaan yang tepat namun sederhana diagnosa dapat ditegakkan.

Apa itu mikropenis?

Seorang anak dikatakan mikropenis jika ukuran penis kurang dari 2.5 standar deviasi rerata sesuai usia anak. Pada bayi baru lahir cukup bulan, ini berarti jika ukuran penis <2 cm dalam posisi diregangkan. Panjang penis dalam posisi diregangkan dapat diperkirakan sebagai panjang penis saat posisi ereksi.

Mikropenis dapat disebabkan akibat kekurangan ataupun gangguan hormon testosteron.  Pada sebagian kasus penyebabnya tidak diketahui. Namun, mikropenis harus dibedakan dari webbed penis (adanya selaput antara penis dan skrotum) ataupun buried penis (penis terbenam oleh timbunan lemak).

Bagaimana penanganannya?

“Terapi yang dilakukan sesegera mungkin sebelum anak mencapai masa pubertas akan mencapai hasil yang lebih efektif,” jelas dr. Tjahjo Djojo Tanojo, Sp.And. Tak perlu khawatir, terapi yang dilakukan cukup dengan penyuntikan hormon berupa testosteron, hCG ataupun gonadotropin. Penentuan terapi akan dilakukan oleh dokter berdasarkan hasil evaluasi. Kini dengan hadirnya Klinik Andrologi di RS Manyar Medical Center Surabaya, Anda langsung dapat memeriksakan putra tersayang.

Narasumber : dr. Tjahjo Djojo Tanojo, Sp.And

Dokter Spesialis Andrologi RS Manyar Medical Centre

Penulis : Hannia Dinanda Rizki, dr.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Care, Correct, Professional





Care, Correct, Professional