fbpx

Baik untuk Ginjal hingga menurunkan Tekanan Darah, 8 khasiat Kulit Semangka

January 30, 2020 by administrator0
77280972_485764178737102_8680445478777611412_n.jpg
67 / 100 SEO Score

Gak bisa dipungkiri, banyak orang kerap membuang kulit semangka usai mengambil isinya. Padahal kulit semangka punya nutrisi yang baik buah tubuh seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, dan seng. Tak hanya itu kulit semangka juga mengandung kadar kalori yang rendah. Dengan beragam nutrisi yang ada pada kulit semangka, lantas apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini manfaat kulit semangka yang baik buat kesehatan.

1. Membantu turunkan tekanan darah

Jika Anda didiagnosis memiliki tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi semangka beserta dengan kulitnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen ekstrak semangka dapat membantu orang dewasa obesitas untuk mengendalikan tekanan darah. Semangka juga berpotensi sebagai diuretik, sehingga sering diresepkan untuk penderita tekanan darah tinggi.

Siapa sangka, ternyata kulit semangka dapat membantu mengendalikan tekanan darah pada tubuh. Ini karena adanya kandungan citrulline pada kulit semangka, dengan begitu tekanan darah jadi lebih stabil. Untuk itu, jika kamu memakan buah semangka, jangan ragu untuk memakannya bersama dengan kulit buah tersebut. Sebelum memakannya, jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu.

2. Cegah bantu ginjal

Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang timbul karena gangguan saluran air kemih. Penyakit ini dapat dicegah salah satunya dengan mengonsumsi kulit buah semangka. Ini karena kulit semangka tinggi akan kandungan kalium yang bisa mengendalikan kadar asam dalam air seni atau urin. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi pada kulit semangka juga baik untuk mengeluarkan racun pada ginjal.

3. Bisa turunkan berat badan

Manfaat lain dari kulit semangka adalah dapat menjadi menu untuk program diet. Ini karena adanya kandungan serat dalam kulit semangka yang bagus untuk menurunkan berat badan. Alhasil, mengonsumsi kulit semangka akan membuat seseorang mudah kenyang. Selain itu, jika rutin mengonsumsi kulit semangka maka dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh. Selain itu, sifat diuretiknya dapat merangsang penghapusan lemak. Dengan demikian, menambahkan kulit semangka dalam asupan harian dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal

4. Bantu lawan radikal bebas

Tidak hanya bagus untuk menurunkan tekanan darah, ternyata senyawa citrulline yang ada pada kulit semangka juga dapat melawan ancaman radikal bebas pada tubuh. Dengan demikian, zat ini penting untuk perlindungan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi kulit semangka, akan membantumu untuk melindungi tubuh dari racun berbahaya.

5. Meningkatkan energi saat berolahraga

Manfaat positif lainnya dari memakan kulit semangka yakni dapat menigkatkan energi ketika berolahraga. Ini disebabkan kandungan magnesium dan antioksidan pada kulit semangka yang dapat membuat tubuh bertenaga. Untuk itu, kamu bisa memakan kulit semangka sebelum memulai olahraga agar tubuh lebih bugar dan berenergi.

Tenaga tambahan ini terjadi berkat vitamin B6 pada kulit semangka yang mensintesis magnesium dan dopamin, di mana kedua senyawa tersebut berguna menghasilkan energi.

Jika kamu membeli buah semangka, pastikan untuk tidak membuang kulitnya ya. Jangan biarkan nutrisi yang ada pada kulit semangka lewat begitu saja tanpa dimanfaatkan untuk kesehatan.

6. Punya antioksidan tinggi, kulit semangka bagus untuk masker wajah agar terhindar dari dehidrasi

Kulit semangka memiliki antioksidan yang sangat baik untuk kulit, sehingga bisa meremajakan kulitmu dan menjaganya dari radikal bebas.

Kamu bisa menggosokan bagian putih pada kulit semangka ke kulitmu dengan gerakan memutar. Jika kulitmu sudah basah oleh air dari kulit semangka, diamkan selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih, nah kulitmu akan segar dan bersih.

atau bisa juga seperti ini…

Caranya jemur kulit semangka hingga kering.lalu haluskan. Setelah itu dapat dicampur dengan air atau paduan mentimun dan lidah buaya. Balurkan diwajah, kemudian diamkan sekitar 15-20 menit. Setelah menggunakan masker ini anda tentu akan merasakan kulit lebih kencang, lembut serta fresh. Penggunaan masker bisa dalam waktu 2 atau 3 kali dalam seminggu.

7.  Mengatasi kerutan pada kulit

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan kerutan. Oleh karena itu, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin A, C dan lycopene. Semua kandungan tersebut dapat ditemukan pada kulit semangka.

8. Membersihkan kulit

Kulit semangka memiliki sifat astringen, sehingga ideal digunakan untuk membersihkan kulit. Astringen adalah suatu zat yang dapat membuat suatu jaringan berkontraksi atau mengerut.

Selain itu, astringen mengandung senyawa bermanfaat seperti antioksidan yang mampu memerangi bakteri dan membantu membuat kulit terlihat lebih segar dan lebih bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan madu. Sifat antibiotik dan antiinflamasi pada madu berguna untuk membuat kulit lebih halus.

RS Manyar Medical Centre

67 / 100 SEO Score

Baik untuk Ginjal hingga menurunkan Tekanan Darah, 8 khasiat Kulit Semangka 2

Care, Correct, Professional




Baik untuk Ginjal hingga menurunkan Tekanan Darah, 8 khasiat Kulit Semangka 2

Care, Correct, Professional