fbpx

Sehat dengan Diet Clean Eating

January 30, 2020 by administrator0
75285379_163942718184065_69703835787075918_n-1.jpg
80 / 100 SEO Score

Apakah Anda pernah mendengar diet clean eating, atau malah Anda sudah melakukan diet ini? Apakah diet ini baik untuk dilakukan dan tidak memiliki dampak yang berbahaya? Semakin hari, semakin banyak orang yang memiliki kesadaran untuk semakin menjaga kesehatan. Banyaknya penyakit aneh-aneh penyebab kematian membuat gaya hidup sebagian orang berubah. Makin ke sini, makin banyak orang yang sengaja menghindari makanan tertentu dan memilih pola makan yang jauh lebih alami dan sehat, salah satunya adalah clean eating. Yuk simak tulisan singkat artikel berikut.

Apa itu clean eating?

Seperti diet-diet lainnya, clean eating dirancang dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Diet clean eating pertama kali muncul ketika tahun 1960, namun mulai diperkenalkan secara luas pada tahun 2007 oleh Tosca Reno yang mengeluarkan buku berjudul ”Eat Clean Diet”. Pada dasarnya clean eating bukanlah suatu diet, namun lebih ke cara hidup dan pemilihan makanan untuk dikonsumsi. Clean eating disebut-sebut mampu menurunkan berat badan, meningkatkan penggunaan dan metabolisme energi, meningkatkan kualitas tidur, membuat kulit dan rambut lebih sehat, erta meningkatkan kesehatan mental.

Yuk simak beberapa tips Sehat dengan Diet Clean Eating
Ada 6 Tips diet sehat :

Pemilihan Karbohidrat

Pemilihan Karbohidrat adalah hal pertama yang perlu di ingat. Nasi adalah sumber karbohidrat utama yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Kebiasaan seperti itu yang perlu diubah. Menurut Ahli Gizi di RS Manyar Mecial Centre, kita menyarankan kentang, roti gandum atau sereal sebagai pengganti nasi.

Kenapa kita menyarankan kentang, roti gandum atau sereal sebagai pengganti nasi. Karena jenis makanan diatas merupakan rantai makanan yang lebih panjang seratnya, lebih tinggi dan tahan kenyang.

Pemilihan Protein

Konsumsi protein harus benar-benar diperhatikan. Terutama dalam memilih dagung segar. Ahli Gizi di RS Manyar Medical Centre menyarankan untuk memilih daging segar yang berwarna merah tanpa lemak. Untuk daging ayan, bagian kulit sebaiknya tidak dipilih, protein yang paling bagus di dapat dari ikan laut yang perairan dalam seperti ikan tuna dan salmon.

Cara Penyajian Makanan

Mengelolah makanan tidak bisa asal, seperti contoh ikan gurami yang di goreng. Ahlil gizi RS Manyar Medical Centre menyarankan agar daging atau ikan boleh saja di goreng. Tetapi, minyak yang dipakai harus diperhatikan salah satunya menggunakan minyak jagung, wijen dan olive oil. Akan lebih baik menghindari lemak trans, dikarenkan lemak trans meningkatkan kolesterol jahat.

Konsumsi Gula, Garam dan Soda harus dikurangi

Berlebihan gula juga tidak baik karena akan menjadi lemak. Kelebihan garam pun tidak berbeda jauh negatifnya. Senyawa natrium dalam garam dapat mengikat lemak. Semakin banyak makanan yang mengandung natrium, semakin banyak pula lemak di dalam tubuh yang terikat dan susah di urai menjadi energi.

Aktifitas

Ahli gizi di RS Manyar Medical Centre mengungkapkan, percuma seseorang memperbaiki pola makan jika tidak mengimbanginya dengan bergerak. Aktifitas tidak selalu dengan olahraga berat, jalan kaki, naik dan turun tangga juga termasuk aktifitas yang dimaksud dengan pola diet Clean Eating.

Apakah clean eating baik dilakukan?

Prinsip clean eating sebenarnya hampir sama dengan prinsip gizi seimbang yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sehingga, sesungguhnya kita sudah lama didorong untuk melakukan apa yang disebut clean eating. Mengatur porsi dan waktu makan, menghindari makanan olahan yang berkalori tinggi, mengurangi gula dan garam, mengonsumsi banyak serat, dan cukup air, merupakan hal yang juga ada di dalam pedoman gizi seimbang.

Namun prinsip clean eating yang harus dihindari adalah mengonsumsi suplemen sebagai tambahan zat gizi. Hal ini sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuh, karena jika Anda bisa mengonsumsi makanan segar, seperti sayur, buah, sumber protein, dan karbohidrat dengan porsi sesuai kebutuhan, maka makanan tersebut sudah bisa mencukupi kebutuhan mineral dan vitamin Anda. Selain itu, jika Anda memang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke tenaga ahli kesehatan, seperti ahli gizi, agar memudahkan  dalam mencapai target yang diinginkan dan menghindarkan dari penyimpangan kebiasaan makan.

RS Manyar Medical Centre

80 / 100 SEO Score

Sehat dengan Diet Clean Eating 2

Care, Correct, Professional




Sehat dengan Diet Clean Eating 2

Care, Correct, Professional